Tuesday, August 16, 2011

Rangkaian Seri dan Paralel

Rangkaian seri adalah rangkaian yang dipasang secara berurutan ( pada satu kabel yang sama ) . Pada rangkaian seri ini ada beberapa hal yang butuh kita perhatikan.

1) Pada rangkaian seri nilai arus setiap komponen adalah sama
2) Pada rangkaian seri nilai tegangan pada setiap komponen berbeda beda,karena akan terjadi Drop Voltage pada komponen tersebut,jadi dapat disimpulkan bahwa tegangan pada kawat tersebut akan sama dengan total jumlah dari Drop Voltage tiap komponen.
3) Pada rangkaian seri nilai untuk kapasitor akan berbanding terbalik.1 per kapasitor total akan sama dengan jumlah dari 1 per Drop pada kapasitor masing-masing.
4) Pada rangkaian seri nilai untuk resistor akan sama dengan penjumlahan setiap resistor yang ada pada rangkaian seri ini.

Rangkaian Paralel adalah rangkaian yang dipasang dengan kabel yang berbeda,bisa digabung ato di satukan tetapi berbedaa kabel.Ada pun hal yang butuh diperhatikan juga pada rangkaian paralel ini sendiri.

1) Pada rangkaian paralel nilai arus total akan sama dengan jumlah arus yang masuk dan keluar dari titik (junction/node).
2) Pada rangkaian paralel nilai tegangan total akan sama dengan tegangan pada setiap junction/node.
3) Pada rangkaian paralel nilai dari kapasitor akan sama setiap junction/node
4) Pada rangkaian paralel nilai dari 1 per Resistor total akan sama dengan 1 per resistor pada rangkaian tersebut.

No comments:

Post a Comment