Sunday, February 5, 2017

Gejala Gelombang

Gelombang?
Apa itu gelombang??
Sebelum membahas tentang itu, pernahkah kalian menjatuhkan batu ke kolam?? Apa yang kalian lihat?? Akan ada pola gelombang yang merambat ke sekitar batu yang dijatuhkan, dan lama kelamaan akan hilang dan kembali menjadi tenang dan seakan akan bahwa pola lingkaran tersebut bergerak.
Sebenarnya tidak, coba anda masukkan gabus dan lemparkan batu disekitarnya, pergerakannya hanya naik dan turun mengikuti aliran air bukan??

A. Pengertian Gelombang

Gelombang dapat diartikan usikan atau gangguan yang merambat, usikan tersebut merupakan suatu bentuk energi. Jadi gelombang merupakan fenomena perambatan energi, untuk memahaminya kita harus mempelajari dulu jenis-jenis dan sifat-sifat umum gelombang.

1. Jenis - Jenis Gelombang

Gelombang dapat dikelompokan berdasarkan arah rambat dan medium perambatannya. Berdasarkan arah rambatnya, gelombang dibedakan menjadi golombang longitudinal dan transversal. Berdasarkan medium perambatannya, gelombang dibedakan menjadi gelombang mekanik dan elektromagnetik.

a. Gelombang Longitudinal dan Transversal
i. Gelombang Longitudinal

adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah geraknya, misalnya adalah gelombang bunyi, gelombang seismik (Gempa) dan gelombang pada slinki (Renggang, Rapat, Renggang, Rapat, dst)

ii. Gelombang Transversal

adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus arah getarnya, misal gelombang cahaya dan gelombang pada tali.

b. Gelombang Mekanik dan Gelombang Elektromagnetik
i. Gelombang Mekanik

adalah gelombang yang memerlukan media untuk merambat, dapat berupa gelombang transversal maupun longitudinal. Beberapa contohnya adalah gelombang pada tali (Merambat pada tali), gelombang air (Merambat pada air), gelombang seismik (Merambat di permukaan tanah) dan gelombang bunyi (Merambat padfa suara).

ii. Gelombang Elektromagnetik

adalah gelombang yang tidak memerlukan media untuk merambat, dengan kata lain gelombang elektromagnetik dapat merambat di ruang hampa. Gelombang elektromagnetik memiliki spektrum yang cukup lebar meliputi gelombang radio, mikro, infrared, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X dan sinar gamma.

Gelombang elektromagnetik terbentuk dari interaksiantara medan magnet dan medan listrik. Seluruh bagian spektrum elektromagnetik merupakan gelombang transversal.

2.Sifat - Sifat Umum dan Karakteristik Gelombang

a. Sifat - Sifat Umum Gelombang

Gelombang memiliki sifat - sifat umum sebagai berikut :

* Dapat dipantulkan (Refleksi)
* Dapat dibiaskan (Refraksi)
* Dapat dilenturkan (Difraksi)
* Dapat dipadukan (Interferensi)
* Dapat dikutubkan (Polarisasi)

Sifat umum pertama hingga keempat diatas dimiliki baik oleh gelombang transversal maupun gelombang longitudinal. Namun sifat kelima hanya dimiliki oleh gelombang transversal, gelombang transversal tidak memiliki polarisasi.

Prinsip refleksi dan refraksi gelombang dapat kamu pahami dengan mengingat kembali materi tentang optik geometris, karena cahaya merupakan bentuk gelombang.

Fenomena difraksi terjadi ketika gelombang melewati celah sempit. Gelombang akan dilenturkan.

b. Karakteristik Gelombang

Selain sifat - sifat umum, gelombang juga memiliki karakteristik atau sifat khas, berikut beberapa diantaranya :

* Periodik

Gelombang bersifat periodik, berarti memiliki siklus tertentu. Waktu menempuh satu siklus gelombang disebut perioda (T), panjang satu siklus gelombang disebut panjang gelombang, sedangkan banyaknya siklus dalam 1 sekon disebut kerapatan atau frekuensi (f). Perioda berabanding terbalik dengan frekuensi, f = 1/T.

* Terjadi Karena Getaran

Gelombang terbentuk karena adanya getaran, yaitu gerak bolak - balik di sekitar titik keseimbangan. Jarak terjauh dari titik keseimbangan disebut amplitudo (A).

* Merambat

Seperti telah diulas sebelumnya, gelombang merupakan fenomena perambatan energi. Ada yang merambat berarti ada nilai cepat rambatnya (v) dapat ditentukan berdasarkan nilai panjang gelombang, perioda dan frekuensinya dengan persamaan :

v = panjang gelombang/T atau v = Panjang gelombang x f

* Dapat Dinyatakan Dalam Bentuk Persamaan

Sebuah gelombang dapa dinyatakan dalam bentuk persamaan atau fungsi matematis. Persamaan atau fungsi gelombang memuat informasi berbagai karakteristik gelombang itu seperti amplitudo, cepat rambat, perioda, dan panjang gelombang. Oleh karena gelombang bersifat periodik, maka persamaan gelombang menggunakan fungsi periodik juga. Fungsi periodik yang sering digunakan untuk menjelaskan persamaan gelombang adalah fungsi sinusoidal dan fungsi cosinus.

Terima kasih semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment