Monday, June 3, 2013

5 Ikon warna-warni "My Plate"




Dalam sarapan kita sehari-hari adalah kewajiban bagi kita mementingkan kesehatan pada tubuh kita.Dalam hal ini kita mesti mengetahui pembagian makanan pada piring kita.Diharapkan para pembaca dapat mengambil hikmah dan dapat mendapatkan kesehatan selama anda beraktivitas.

Hijau = Sayuran / Vegetables

Makanan yang banyak mengandung air ini banyak dikonsumsi mentah,karena kandungan gizinya akan lebih diserap tubuh dibanding jika sudah diolah.Pengolahannya pun dapat di rebus,tumis,jadikan lalapan,dan lain sebagainya.Warna hijau yang ada pada daun sayuran berasal dari adanya pigmen klorofil (zat hijau daun). Klorofil ini dipengaruhi oleh pH (keasaman) dan berubah warna menjadi hijau olive dalam kondisi asam, dan berubah menjadi hijau cerah dalam kondisi basa. Sejumlah asam tadi dikeluarkan dari batang sayuran dalam proses memasak, khususnya bila dimasak tanpa penutup.Pada umumnya sayuran mengandung sedikit protein atau lemak, dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam. Beberapa jenis sayuran bahkan telah diklaim mengandung zat antioksidan, antibakteri, antijamur, maupun zat anti racun.Contoh sayuran hijau : daun pepaya,kangkung,bayem dan lain sebagainnya.

Merah = Buah-Buahan / Fruits

Makanan yang banyak mengandung air dan hasil dari lanjutan bakal buah.Buah sangat penting dalam salah satu dari daftar makanan kita atau biasa kita sebut dengan makanan "Pencuci Mulut".Contohnya : Semangka,melon,pisang dan lain sebagainnya.

Orange = Biji-Bijian

Makanan yang banyak menyimpan energi didalam akar ini sangat penting berada dalam salah satu list makanan kita.Banyak kandungan karbohidrat terutama karena kandungan gizinya. Umbi menyimpan patigula, dan berbagai metabolit sekunder yang dapat bernilai gizi atau berkhasiat pengobatan bagi manusia maupun berbahaya bagi tubuh apabila dimakan.Contohnya : Beras,kentang,ubi dan lain sebagainya.

Ungu = Makanan Protein

Makanan yang satu ini biasanya berupa daging-dagingan,ikan,telur,dan lain sebagainya.Makanan ini berfungsi untuk memperbaiki sel sel dalam tubuh.

Biru = Susu

Minuman ini adalah satu list terpenting dalam makanan yang kita konsumsi tiap hari.Susu adalah cairan yang berwarna putih yang dihasilkan oleh mamalia.Contoh : Sapi,kambing,kuda,dan lain sebagainya

No comments:

Post a Comment