Tuesday, June 25, 2013

ACL (Anterior Cruciate Ligament)

Assalamualaikum
Halo blogger,kali ini saya ingin membahas tentang ACL
Apa itu ACL??
ACL atau yang dikenal dengan Anterior Cruciate Ligament

ACL itu sendiri adalah urat yang ada di dalam sendi,yang menjaga kestabilan atau menghubungkan antara tulang tibia dengan tulang paha.Ini adalah kurang lebih gambar


ACL biasa terjadi pada olahraga high-impact seperti sepak bola,basket,badminton,tenis,futsal,dan bela diri.Biasanya hal ini bisa terjadi dikarenakan disaat berlari mendadak berhenti kemudian berputar arah sehingga menyebabkan lutu terputir dan saat lompat jatuh dan mendarat dengan posisi kaki yang tidak sigap.

Pada nyatanya saat kita terkena cidera ini,seolah olah mendengar tulang patah,tetapi saat dironsen tidak ada patah ataupun pergeseran sendi yang terjadi.Dan saat itu juga anda akan jatuh karena merasa tidak ada energi untuk berdiri tegak,setelah beberapa menit anda akan bisa berjalan seperti biasa tetapi dengan kondisi pincang karena akan terjadi pembengkakan pada lutut anda.

Saya mempunyai contoh real

Contoh pertama adalah saya sendiri.Kejadiannya saat itu saya sedang latihan basket fakultas teknik,saat itu saya menabrak teman saya dengan posisi lutut terdorong kebelakang dengan keras.Saat kejadian itu saya mendengar seperti ada yang patah,tetapi saat dicek ternyata tidak dan saya kira sendinya bergeser.Keesokan harinya dengkul saya membengkak besar,dan saya mengecekan kondisi tersebut ke dokter.Saat dironsen tidak ditemukian tanda2 patah ataupun terjadi pergeseran sendi.Setelah itu saya diamkan saja,dan beberapa bulan saya sudah bisa berlari dan merasa seperti sudah sembuh,tetapi saat saya bermain basket,saat saya meloncat untuk merebound bola saya terjatuh dan kaki saya terasa mau lepas dan tidak ada energi untuk berdiri,dan bisa berdiri setelah beberapa menit dan terjadi pembengkakan,saya coba urut ditukang urut dan merasa agak mendingan.Setelah sembuh saya bermain futsal untuk yang ke3 saya terkena lagi dibagian dengkul,saya memanjangkan kaki untuk merebut bola dengan posisi berlari meloncat dan alhasil kaki saya terasa mau lepas lagi.Dari sini saya mencoba mencari cari info ternyata ciri yang hampir sama adalah kerusakan ACL.

Adapun contoh teman saya,dia terkena itu saat dia bermain sepak bola dan alhasil ternyata dia mesti operasi ACL.

#Update tanggal 16 November 2013
Saat saya sudah fix dengan semua info tersebut,penulis mencoba untuk kedokter dan dilakukan lah MRI.Setelah dikonsulkan dengan dokter ternyata benar ACL.28 Agustus 2013 tepat dimana penulis berulang tahun dilakukannya operasi,dimana penulis diberi bius tulang belakang oleh dokter anestesi,sehingga alhasil penulis baru dapat membalas ucapan keesokan harinya.

Setelah dilakukan operasi,penulis menggunakan 2 tongkat bantu jalan dan menggunakan penahan dikaki agar kaki tidak bergeser.Kurang lebih sebulan lebih penulis baru dapat berjalan tanpa menggunakan tongkat,walaupun berjalannya masih pincang.Sekilas terlihat kaki kiri lebih besar dibanding kaki kanan,penulis diam dan coba memahami,ternyata pengaruh tidak pernah digunakan untuk aktivitas kaki sebelah kanan menjadi kecil.

Sembari dengan penyembuhan,penulis dianjurkan untuk melatih otot kaki kanan yang mengecil dan alhasil Back to Normal.Alhamdulillah sekarang penulis sudah dapat melakukan aktivitas seperti biasa,terkecuali melakukan olahraga berat belum dianjurkan,sekitar 9bulanan baru dibolehkan untuk melakukan olahraga berat.Mungkin ini saja pengalaman yang dapat ditulis oleh penulis,semoga pembaca bisa lebih berhati-hati dan bila anda sudah terkena maka saya sarankan langsungkan operasi,karena pengalaman penulis satu tahun setelah terkena baru dioperasi,dan alhasil bantalan penulis sedikit robek.

Setelah mendengar pengalaman-pengalaman diatas,adapun penanganan dari cidera ini dapat ditempuh dengan operasi yang mempunyai dua hal yang berbeda yang pertama single bundle dan double bundle

Single Bundle

Double Bundle

Sekian mungkin yang dapat dishare semoga bermanfaat

4 comments: