Sunday, January 15, 2017

Hukum Kirchoff

Kirchoff adalah salah satu ilmuwan yang dikenal dikalangan anak elektro, dikarenakan banyak konsep yang menggunakan teori yang dikeluarkan pria ini. Ada dua teori yang kita kenal, yaitu "Hukum Kirchoff I dan II".

Didalam benak, "banyak sekali si sampai dua hukum", dan sebenarnya hukumnya bisa dikatakan relatif sama, cuma beda parameter yang dilihat.

Hukum Kirchoff I lebih fokus terhadap arus, dibandingkan hukum kirchoff II yang fokus terhadap tegangan. Hukum Kirchoff I berbunyi "Arus masuk sama dengan arus keluar" atau Imasuk = Ikeluar. Dari bunyinya saja sudah dapat kita simpulkan bahwa penjumlahan arus masuk dengan arus keluar adalah 0. Hal pertama yang harus kita lihat adalah titi yang kita ukur sebagai acuan, setelah itu lihat arah arus yang meleatinya, apakah dia menuju titik tersebut apakah malah meniggalkannya, dengan begitu kita dapat membuat persamaan dengan menggunakan teori Kirchofff I.

Untuk kirchoff II sendiri lebih fokus terhadap tegangan, dengan bunyi teorinya adalah "Jumlah dari tegangan yang terdapat dalam suatu rangkaian tertutup adalah sama dengan 0". Berarti yang kita perhatikan disana adalah sumber tegangan yang berada pada rangkaian tersebut, dengan melihat polaritas inputannya dapat kita tulis didalam rumus E(IR) dengan jumlah n = 0.

Intinya adalah baik itu kirchoff I maupun II penjumlahan di dalam satu rangkaian tersebut adalah sama dengan 0, tetapi yang membedakan adalah parameter yang kita lihat didalamnya.

Semoga bermanfaat untuk para pembaca, baik yang sedang kuliah di elektro, baik anak SMP dan SMA maupun orang - orang yang ingin mengenal listrik, tak kenal maka tak cinta, maka kenali lah dulu dan pelajari. Terima kasih, silahkan di share ataupun jika ingin diskus bisa langsung saja hubungi saya, Just Share A Knowledge.

No comments:

Post a Comment